Hak-Hak Lingkungan

Maqna.id - Hak-Hak Anak Yatim, Orang Miskin, dan Janda (Courtesy: Wallpaper HD Black)
Hak-Hak Anak Yatim, Orang Miskin, dan Janda
August 5, 2020
Maqna.id - Hak-Hak Minoritas (Courtesy: Wallpaper HD Black)
Hak-Hak Minoritas
August 7, 2020

Hak-Hak Lingkungan – Hak-hak ketujuh yang akan dibahas adalah Hak-hak Lingkungan, di mana Islam mewajibkan manusia untuk memelihara lingkungan agar dapat merenungi semua ciptaan Allah di alam semesta ini yang penuh dengan keindahan, kedamaian, dan kemaslahatan. Sebagaimana firman Allah mengenai kejadian alam semesta yang telah diciptakan-Nya dalam bentuk sebaik-baiknya pada Qur’an Surat Qaaf ayat 6-7:

“Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikit pun. Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata.”

Sebab, dengan mencintai lingkungan, baik benda mati maupun benda hidup, manusia di dunia dapat merasakan kehidupan yang indah dan di akhirat pun mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah. Oleh karena itu, syariat Islam datang membawa aturan untuk manusia agar tidak melakukan kerusakan terhadap alam semesta ini, seperti sabda Rasulullah saw berikut ini, “Tidak ada kerusakan, tidak pula bahaya …” Bahkan, beliau menegaskan mengenai pencemaran lingkungan, “Bertakwalah kalian dari tiga laknat: bertempur di sumber air, melubangi jalan, dan merusak tempat berteduh.” Dan melarang pemborosan atau mencemari air yang tidak mengalir.

Rasulullah saw pula memerintahkan manusia untuk membersihkan tempat tinggalnya, “Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai yang baik-baik. Allah itu bersih menyukai yang bersih-bersih. Karena itu, sucikan perabot-perabot kalian. Jangan menyerupai orang-orang Yahudi.” Beliau pun menyukai wewangian, “Barangsiapa yang menampilkan bau yang wangi, hendaklah dia tidak menolaknya. Sesungguhnya itu merupakan tempat yang membawa keringanan dengan bau yang wangi.”

Hal menarik lainnya adalah ketika sahabat Rasulullah saw bertanya kepadanya, “Apakah termasuk di antara sikap sombong itu adalah memakai pakaian dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong itu mengingkari kebenaran dan meremehkan manusia.” Beliau juga menganjurkan manusia untuk menyuburkan bumi dan menanaminya agar bermanfaat dan menjadi sedekah untuk makhluk lainnya.

Demikianlah, Islam memelihara lingkungan sehingga alam semesta ini dalam peradaban Islam menjadi terjaga keindahannya dan pemanfaatannya.

Maqna.id | Training | Tour Organizer | Traveling with Meaning

#maqnaid

#maqnatour

#peradaban

#sejarahperadaban

#peradabanislam

#sejarahislam

#toursejarahislam

#civilization

#historyofcivilization

#islamiccivilization

#islamichistory

#islamichistorytour

#tourturki

#tourandalusia

#tourcordoba

#tourpalestina

#tourperadaban

#tourperadabanislam

#tourorganizer

#travelingwithmeaning

#akhlak

#hakhak

#hakhaklingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *