Hak-Hak Minoritas

Maqna.id - Hak-Hak Lingkungan (Courtesy: Wallpaper HD Black)
Hak-Hak Lingkungan
August 6, 2020
Maqna.id - Akhlak Shalahuddin Al-Ayyubi (Courtesy: Islamic Landmarks)
Akhlak Shalahuddin Al-Ayyubi
August 8, 2020

Hak-Hak Minoritas – Hak-hak kedelapan yang akan dibahas adalah Hak-hak Minoritas, di mana Islam menjamin hak-hak kaum minoritas (non-Muslim), bahkan memberikan hak istimewa kepada mereka yang berada di bawah kekuasaan Islam. Sebagaimana tertulis pada Quran Surat Mumtahanah ayat 8:

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.”

Ayat di atas memberikan batasan pokok tentang akhlak yang menjunjung kemanusiaan dan hukum yang wajib dilaksanakan oleh kaum Muslimin terhadap non-Muslim dengan memperlakukan mereka secara baik dan adil, selama mereka tidak terlibat dalam permusuhan.

Salah satu hak istimewa yang diberikan kepada kaum minoritas adalah jaminan kebebasan beragama dan berkeyakinan, seperti yang tertera pada Quran Al-Baqarah ayat 256: “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam).”

Hal ini juga disampaikan oleh Rasulullah saw kepada Ahli Kitab di Yaman dengan sabdanya, “Sesungguhnya barangsiapa yang masuk Islam dari kalangan Yahudi dan Nasrani, mereka orang-orang mukmin. Bagi mereka, harta dan apa saja yang ada pada mereka. Barangsiapa yang tetap dalam agama Yahudi atau Nasrani, janganlah diberi fitnah kepadanya.”

Oleh karena itu, Islam mempersilakan dan memberikan kebebasan akidah kepada non-Muslim sebagai penghormatan bahwa mereka juga manusia yang memiliki hak untuk hidup dan memilih. Bahkan, Rasulullah saw mengecam siapapun yang menzalimi dan mengurangi hak-hak mereka melalui sabdanya, “Siapa yang berbuat zalim kepada orang yang terdapat perjanjian (kafir mu’ahad), mengurangi hak-hak mereka, memberikan beban di luar batas, merampas sesuatu darinya dengan paksaan, maka kelak aku pada Hari Kiamat akan menjadi penghalang baginya.”

Yang lebih istimewa lagi, kaum minoritas di dalam pemerintahan Islam mendapatkan jaminan dari Baitul Maal bagi mereka yang lemah, tua, dan miskin. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Setiap dari kalian adalah pemimpin. Setiap pemimpin bertanggung jawab atas yang dipimpinnya.” Beliau juga berdiri ketika jenazah Yahudi lewat di depannya, sebagai tanda penghormatan atas seorang manusia, apapun agamanya.

Demikianlah, hak-hak kaum minoritas dalam peradaban Islam yang memuliakan setiap jiwa manusia secara penuh tanpa kezaliman dan permusuhan padanya.

Maqna.id | Training | Tour Organizer | Traveling with Meaning

#maqnaid

#maqnatour

#peradaban

#sejarahperadaban

#peradabanislam

#sejarahislam

#toursejarahislam

#civilization

#historyofcivilization

#islamiccivilization

#islamichistory

#islamichistorytour

#tourturki

#tourandalusia

#tourcordoba

#tourpalestina

#tourperadaban

#tourperadabanislam

#tourorganizer

#travelingwithmeaning

#akhlak

#hakhak

#hakhakminoritas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *