Masjid Al-Aqsa, Tempat yang Diberkahi Allah SWT

Maqna.id - Kebahagiaan dan Kehidupan yang Bermakna
Kebahagiaan dan Kehidupan yang Bermakna
January 14, 2019
Maqna.id - Petra, Jordan (Courtesy Image: Travel Sage)
Petra, Kota Teknologi yang Pernah Hilang dari Sejarah
January 28, 2019

Setiap kali mendengar kata ‘Palestina’ (Al-Quds dalam bahasa Arab), sepintas penulis membayangkan mengenai sebuah wilayah tua di dunia yang penuh dengan konflik dan pertikaian yang tiada berujung. Konflik yang terjadi sejak zaman Nabi Ibrahim A.S. (2,000 SM) sampai dengan hari ini, bermula karena perbedaan sejarah, keyakinan, dan perebutan wilayah oleh tiga golongan agama (Yahudi, Kristen, dan Islam). Pertikaian ini semakin buruk sejak tahun 1967, akibat okupansi yang dilakukan secara besar-besaran oleh bangsa Israel ke bagian wilayah Mesir, Syria, dan Yordania yang menewaskan begitu banyak korban jiwa khususnya warga sipil dan anak-anak yang tidak bersalah.

Sebaliknya, sebelum tahun 1947 yaitu tahun di mana PBB merekomendasikan pemecahan wilayah menjadi dua Negara (Yerusalem dan Palestina), umat Yahudi, Kristen, dan Islam hidup berdampingan secara harmonis dan penuh toleransi. Ini dapat dilihat dari sebuah gambar yang dipublikasikan oleh surat kabar setempat. Tanah suci ini memang merupakan magnet bagi tiga pengikut agama Abrahamik utama tersebut karena kuatnya keterikatan sejarah dan keyakinan yang mereka anut.

Umat Yahudi meyakini bahwa Palestina merupakan tanah yang dijanjikan Allah SWT kepada mereka, sedangkan umat Kristen meyakini bahwa Palestina merupakan tempat kelahiran Nabi Isa A.S. Wilayah ini tidak hanya istimewa untuk umat Yahudi dan Kristen, umat Islam pun menempatkan Palestina sebagai tanah suci mereka karena merupakan salah satu tempat singgah Nabi Muhammad SAW ketika melakukan perjalanan rohani ‘Isra’ Mi’raj’ dan lokasi Masjid Al-Aqsa yaitu kiblat pertama umat Islam sebelum dipindah arah ke Masjid Al-Haram, Makkah.

Masjid Al-Aqsa dalam bahasa Arab berarti ‘Masjid Terjauh’ karena letaknya 2,000 km ke arah Utara dari Kota Makkah. Masjid ini merupakan tempat suci ketiga umat Islam setelah Masjid Al-Haram, Makkah dan Masjid An-Nabawi, Madinah karena merupakan bangunan kedua yang diletakkan oleh Allah SWT di muka bumi. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits:

“Wahai Rasulullah, masjid apakah yang pertama diletakkan oleh Allah di muka bumi?” Beliau bersabda, “Masjid Al-Haram.” Abu Dzar bertanya lagi, “Kemudian apa?” Beliau bersabda, “Kemudian Masjid Al-Aqsa.” Berkata Abu Mua’wiyah, “Yakni Baitul Maqdis.” Abu Dzar bertanya lagi, “Berapa lama antara keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun.” (H.R. Ahmad dari Abu Dzar)

Keistimewaan Masjid Al-Aqsa ini pun difirmankan Allah SWT di dalam Al-Qur’an:

“Masa suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada waktu malam dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsa yang diberkahi sekelilingnya untuk Kami perlihatkan tanda-tanda kekuasaan Kami, bahwasannya Dia itu Maha Mendengar dan Maha Melihat.” (Q.S. Al Isra 17:1)

Berdasarkan ayat di atas, maka dapat dilihat bahwa Masjid Al-Aqsa merupakan tempat yang istimewa karena nama masjid tersebut diberikan langsung oleh Allah SWT dan merupakan tempat yang diberkahi-Nya. Tidak hanya karena keutamaan pahala shalat yang 500 kali lebih banyak dibandingkan masjid-masjid lainnya, namun juga merupakan tempat ziarah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadits:

“Tidak dikerahkan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (Makkah), dan Masjid-ku (An-Nabawi, Madinah), dan Masjid Al-Aqsa (Palestina).” (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah R.A.)

Begitu mulianya berziarah ke Masjid Al-Aqsa, sampai hampir seluruh sahabat utama Rasulullah SAW pernah berkunjung ke sana, diantaranya yaitu Umar bin Khattab, Abu Hurairah, Saad bin Abi Waqqash, Bilal bin Rabbah, Khalid bin Walid, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, umat Islam sangatlah dianjurkan untuk mengunjungi dan beribadah di masjid tersebut.

Oleh karena itu, Maqna.id sebagai tour organizer yang peduli dengan sejarah Islam dan wisata rohani, inshaa Allah ingin mengajak Anda untuk mengunjungi masjid istimewa di Palestina ini sebagai bagian dari kegiatan ibadah dan pencarian hikmah (tadabbur) melalui tour yang inspiratif dan penuh makna di mana sejalan dengan slogan kami, yakni Traveling with Meaning.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi link berikut ini: https://maqna.id/portfolio-item/exploring-the-messengers-history-in-egypt-palestine-jordan-11d10n/. Terima kasih.

*Ingin lebih mengetahui mengenai Masjid Al Aqsa, mohon saksikan video berikut ini:

Penulis:

Arifa Fiqria

Maqna.id | Training | Tour Organizer | Traveling with Meaning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *